Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Rolade Daging Sederhana

Resep Rolade Daging Kukus Simple Masaknya, Sajian Sedap Kekinian Serasa Seperti Di Restoran. Rolade adalah jenis makanan berbahan daging yang diolah sedemikian rupa lalu digulung seperti bolu gulung. Bahan daging yang dipakai juga bermacam-macam, mulai dari ayam, sapi, kambing, ikan, udang bahkan sayuran seperti singkong. Makanan ini merupakan makanan praktis yang tidak ribet dalam membuatnya.

Gambar Resep Rolade Daging Asli Sajian Sedap

Seringnya rolade disantap secara sederhana dengan nasi putih dan saus sambal. Proses memasaknya ada yang simple dengan daging saja dan ada juga yang dikombinasikan dengan bungkusan telur dadar tipis. Ada juga yang olahan rolade dicampur dengan bahan sayuran seperti wortel, kentang dan lain sebagainya.

Makanan ini bisa dijadikan menu sarapan cepat saji atau bisa sebagai bekal untuk makan siang anak disekolah. Sekarang ini banyak jajanan rolade diluar yang belum tentu terjamin keamanan dan kesehatannya. Nah jika bikin sendiri tentu lebih aman dan sehat. Untuk membuatnya tidak memerlukan bahan yang banyak. Dan proses memasaknya juga tidak butuh waktu lama. Bagi ibu pemulapun yang belum begitu mahir memasak bisa tetap menyajikan makanan ini.

Jika bunda tertarik untuk bikin sendiri dirumah (ala homemade), kami sudah siapkan resep detailnya disini, tentunya tanpa bahan pengawet ya... Nahh untuk dagingnya kami sarankan pilih kualitas yang terbaik, yang kesat dagingnya dan tidak mengandung banyak air. Resep disini adalah yang basic/dasar, jika ingin mengkombinasikan dengan tambahan lain, silahkan saja. Selamat memasak.

RESEP ROLADE DAGING SAPI ASLI ENAK

BAHAN :
  • 300 gram daging sapi giling
  • 10 sendok makan tepung tapioka
  • 15 sendok makan tepung terigu
  • 5 sendok makan tepung roti
  • 5 butir telur atau bisa lebih banyak
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan saus tiram
  • daun pisang secukupnya
  • garam secukupnya
CARA MEMBUAT ROLADE DAGING :
  1. Pertama, haluskan semua bawang putih lalu campur dengan daging giling dan satu butir telur. Tambahkan lada halus, saus tiram dan garam.
  2. Uleni semua bahan sebelumnya sampai tercampur merata. Kemudian masukkan tepung roti, tapioka dan terigu secara bertahap. Uleni kembali sampai kalis, sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah selanjutnya, goreng sisa empat telur sampai berbentuk dadar dengan sedikit minyak/margarin saja. Lakukan sampai semua telur habis, sisihkan dulu untuk bungkus adonan daging nantinya.
  4. Jika sudah, adonan daging dituang ke telur dadar, ratakan lalu gulung dengan hati-hati. Bungkus dengan daun pisang dan rekatkan ujungnya dengan lidi. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Langkah berikutnya, panaskan panci pengukus dulu sampai airnya mendidih. Kukus selama kurang lebih 30-35 menit. Jika sudah matang, angkat dan dinginkan.
  6. Setelah itu, potong dengan ketebalan sesuai selera lalu bisa disimpan di freezer atau langsung goreng. Jika ingin disantap, sajikan dengan saus botol atau sambal ulek.